Der Rote Baron


220px-Manfred_von_RichthofenFilm Dog Fight “Der Rote Baron” (mungkin judul film B. Inggrisnya “The Red Baron”) adalah kisah PD I dan tampaknya salah satu dari sedikit Film Hollywood yang menempatkan Jerman sebagai lakon Jagoan melawan sekutu. Biasanya Jerman kebagian lakon jahat 🙂

Tapi saya ndak yakin juga itu produksi Hollywood mengingat semua bintang utamanya orang Jerman dan film itu dalam B. Jerman yang “jernih” alias native (bukan diterjemahkan melalui dubbing).

Menurut saya, film ini lebih bagus dari Top Gun (yang dibintangi si tampan Tom Cruise bersama Val Killmer) yang terlalu khayal membuat tokoh utamanya Lt. Maverick terlihat begitu superior. Der Rote Baron (Matthias Schweighöfer dan Til Schweiger) tampilkan adegan dog fight yang tegang, amat realistis layaknya duel udara yang siapa saja dapat dijatuhkan lawan serta penuh sisi manusiawi.

Der Rote Baron berangkat dari kisah nyata Pilot Pemburu Jerman, Manfred von Richthofen, yang amat legendaris menjadi Ace dengan menembak jatuh 80 pesawat musuh saat dog fight. Dia adalah Ace no: 1 dalam sejarah PD I. Dia mimpin skadron tempur Kekaisaran Jerman dan akhirnya tertembak jatuh, wafat diusia 25 tahun.

Film perang tentang pesawat pemburu selalu menarik memacu adrenalin dengan cepat. Der Rote Baron dan Top Gun adalah yang paling menarik menurut saya. Para Pilot penempur sepertinya representatif dari Confidance, Flamboyant dan Struggle.

Setting film perang yang juga memacu adrenalin adalah di Kapal Selam. Tercatat ada 3 film monumental untuk hal ini yaitu:
(1) The Hunt for Red October (Sean Connery dan Sam Neill)
(2) Crimson Tide (Denzel Washington and Gene Hackman)
(3) K-19 (Harrison Ford dan Liam Neeson)

Berbeda dengan Pilot Pesawat Pemburu, Kapten Kapal Selam bawaannya cool, calm and confidance! Adrenalin dipacu dikarenakan gerakan kapal selam yang begitu lambat harus menghindari dari buruan torpedo.

Tentu saja film-film perang gelar pasukan juga tetap menarik seperti Platoon, Saving Private Ryan, Black Hawk Down, We were Soldiers dan yang terbaru Act of Valor. Hanya saja, ketegangan biasanya terbangun karena kebrutalan dan penuh percikan darah.

Terlepas dari itu semua, film “Der Rote Baron” sangat menarik untuk dinikmati…

Dari Tepian Lembah Sungai Main

Ferizal Ramli

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s