Apa Mahzab Ekonomi Universitas Indonesia sekarang?


rektorat-uiAdakah rekan UI disini? Bolehkah saya tanya apakah mahzab Ekonomi dari Ekonom UI masih mahzab Berkeley atau berubah ke mahzab lain.

Sekedar sedikit referensi, menurut Paul Krugman bahwa di Amrik mahzab Ekonominya dipengaruhi 2 gagasan yaitu “salt water universities (SWU)” yaitu universitas di tepi pantai seperti Harvard, MIT, Yale, UCLA, UC Berkeley dan “fresh water universities (FWU)” yang letaknya di pedalaman seperti Chicago, Virginia, Michigan, Pittsburg, Illinois.

SWU yang di pinggir pantai itu agak “keynesian” artinya negara masih berperan dalam perekonomian.

FWU yang di pedalaman itu sangat “neo liberalism” artinya pasarlah penentu segalanya dalam perekonomian.

Jika pakai kerangka Krugman, Mafia Berkeley itu masih percaya bahwa pemerintah harus ikut campur dalam perekonomian. Kita bisa diskusikan keberhasilan dan kelemahan mafia Berkeley ini.

Tapi tema saya saat ini saya ingin bertanya apakah UI masih sejalan dengan gagasan Berkeley yang artinya masih percaya dengan campur tangan pemerintah layaknya “keynisian”,

atau FE UI malah menjadi ekstrem mahzab kapitalis seperti “neo lib” yang meliberalisasi ekonomi tanpa campur tangan pemerintah mengingat Sri Mulyani misalkan adalah lulusan FWU.

atau FE UI bertransformasi ke “Sozialmarktswirtschaft” alias Ekonomi Pasar Sosial karena dekannya yang muda dulu lulusan Perancis yang terkenal sosialis atau Rektornya klo ndak salah lulusan Universität Frankfurt yang salah satu Univ paling sosialis di Jerman selain Humbolt Universität Berlin.

Adakah temen-2 UI yang bersedia share “dapur”-nya pada kita semua?

Maturnuwun.

Dari Tepian Lembah Sungai Main

Ferizal Ramli

One thought on “Apa Mahzab Ekonomi Universitas Indonesia sekarang?

  1. Salam Pak! Saya mahasiswa FEUI jurusan Akuntansi dan Manajemen Keuangan. Studi ilmu ekonomi saya cukup selesai di Mikro dan Makro. Semua buku-buku Ilmu Ekonomi saya impor dari FWU dan SWU tanpa diotak-atik akademisi dalam negeri: termasuk akuntansi saya IFRS semua. Ilmu yang saya dapat dari studi ekonomi saya disini adalah “maximize profit” dan “tax creates inefficiencies”. Sekian, trims. 🙂

Tinggalkan Balasan

