Belajar dari kehebatan Pers Inggris…


Dalam 4 minggu terkahir semenjak Inggris „keluar“ dari Eropa terjadi perang pers antara pers Inggris dan pers Eropa. Dikarenakan keterbatasan kemampuan Bahasa maka saya cuma mencermati perang antara pers Inggris versus pers Jerman. Saya lahap semuanya…

Ada yang menarik disini. Ternyata sehebat apapun dan se-independen apapun, pers itu juga menganut prinsip: “Right or Wrong is my Country“. Yang menarik dicermati adalah pers Inggris. Kehebatan pers Inggris dalam membela negaranya nyaris sempurna. Hasilnya pun nyaris sempurna.

Saya kasih contoh penting. Anda pasti yakin bahwa di Eropa negara yang terancam bangkrut hutang adalah Yunani, Portugal, Italia dan Spanyol. Tapi tahukah anda sebenarnya Negara yang paling terancam hutang itu Inggris? Hutang total Inggris itu 1.000% alias 10 kali PDB-nya Ingris.

Lihat Grafik: http://articles.businessinsider.com/2011-12-04/markets/30473957_1_household-debt-uk-safe-haven

Memang jika dilihat dari variabel utang Pemerintah maka Yunani benar hutangnya besar. Tapi jika dilihat seluruh variable maka Hutang Inggris terutama hutang Perbankannya (Financial debt) itu tertinggi di dunia. Prosentase hutang Inggris secara total itu 2 kali lipat dari prosentase rata-rata hutang Negara Eropa.

Tapi pernahkan kita tahu bahwa Inggris itu hutangnya lebih besar dari Yunani, Italia, Portugal atau Spanyol? Disini lah hebatnya pers Inggris “menyimpan” data. Mereka memang tidak menyebarkan kebohongan tetapi mereka tidak pernah mengatakan seluruh kebenaran sehingga orang keliru mengambil kesimpulan.

“Right or Wrong is my Country”, saya pikir itu berlaku untuk pers-pers yang konon katanya memiliki tradisi independen terbaik di dunia…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s