Pertamina PKK Merak, riwayatmu kini!


Kau adalah korban dari konsultan Manajemen se-model: Boston Consulting Group atau Booz Allen Hamilton Consulting, dll. Mereka merekomendasikan Direktorat PKK agar dilikuidasi karena tidak sesuai dengan core competence corporate bisnis. Itulah bahasa teknis ndaki-2 para konsultan manajemen. Dingin tak berperasaan dan juga bullshit!

Benarkah Direktorat PKK (Pertamina Perkapalan & Kebandaraan) tidak berguna? Direktorat PKK adalah jalur distribusi dari Produk Pertamina. Ini vital. Jadi, mengapa ini harus dilikuidasi? Warum habt Ihr es getan?! Why did you do it?!

Begitu banyak merger dan akusisi dilakukan oleh sebuah Holding terhadap SBU lain hanya karena mereka ingin menguasai jalur distribusi. Sementara justru melepasnya? Pertamina benar-2 keliru memilih konsultan seperti BCG atau BAH atau yang semodel dengan itu! Mereka benar-2 menipu Pertamina. Jadilah sekarang Pertamina sangat tergantung pada penyewaan pelayaran dari perusahaan lain untuk distribusi minyaknya.

Inilah masalahnya jika para pemegang keputusan di Pertamina bermental kuli inlander. Jadinya mereka tunduk dengan rekomendasi para konsultan manajemen asing. Tertipulah kita semua…
Yang ada adalah puing-2 kehancuran sisa-2 kejayaan masa lalu. Kejayaan Para Pelaut Tanker Kuda Laut Pertamina yang tidak akan bangkit lagi sampai kiamat.
Lihat saja simbol magis Kuda Laut yang gagah perkasa memeluk bintang! Lihat simbol Pertamina di hari ini? Seperti pohon doyong yang mau rubuh tanpa harga diri yang tunduk dihadapan para konkruent-nya. Bahkan si anak bawang Petronas pun terlihat begitu superior di hadapan Pertamina.

Tinggal kita trenyuh meratapi masa-2 indah kanak kita sebagai bagian keluarga besar Pertamina PKK yang tidak pernah terulang lagi…

Pertamina Merak, Ich liebe dich für immer und ewig. Aku mencintaimu untuk selalu dan selamanya…

Salam,
Dari Tepian Lembah Sungai Isar

Ferizal Ramli
Terlahir sebagai anak dari Pelaut Tanker Pertamina yang amat sial dalam kutukan sehingga berprofesi sebagai Konsultan Manajemen Perusahaan Asing di Eropa!

Catatan Penting:
Foto-2 ini saya Up-load dari File Bang Heri Jamilun di FB Group Pertamina PKK Merak

Iklan

7 thoughts on “Pertamina PKK Merak, riwayatmu kini!

  1. Artinya bhw roda itu tetap berputar searah jarum jam……/ andaikan putaran waktu itu bergulir kembali dengan berlawanan, maka kita akam berada kembali di moment indah itu…..

    tq U’ attnsix. rubrik ini sangan baik untuk kita semua.

    Jangan pernah melupakannya…/

    “Dont frget to rmmber….”

    best, regards://purwa amra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s