Hancurnya neo kapitalis Amrik!


(Artikel ini pertama kali dipublikasikan pada Thu Sep 18, 2008 6:04 pm)

Ferizal Ramli2Beberapa tahun yang lalu saya pernah menulis bahwa Perekonomian Amrik
itu macan penyakitan ter-infeksi HIV (baca: Moral Hazard) yang siap
mati. Saya mengutip tulisannya Emmauel Todd, Donald Kalf dan Elmar
Alvater saat meramal Ekonomi AS hancur. Kenyataan, hari ini tampaknya
ekonomi Amrik akan hancur.

Lehman Brother dan Meryll Linch, hancur! Yang konon katanya lembaga
keuangan raksasa ko’it alias dud! Alias Tot! alias modar! Citibank
koma. Morgan Stanley, semoga juga menemui ajal dan modar atau minimal
komalah! Semuanya lembaga-2 keuangan raksasa impoten terkena virus
“HIV” moral hazard. Semuanya impoten dan hancur!

Saya berharap semoga sebelum saya menghembus napas terakhir, saya
melihat kehancuran ekonomi Amrik yang dibangun dengan fondasi
kecurangan dan moral hazard. Sekaligus menjadi pelajaran buat bangsa
kita bahwa bahwa perekonomian Amrik adalah contoh yang buruk yang
harus ditinggal. Tidak ada itu sistem kapitalis bebas. Jika sistem
dibuat bebas maka moral hazard lah akhirnya.

Jangan percaya dengan teori-2 Amrik model Privatisasi, persaingan
bebas, dll. Itu gombal dan bohong. Termasuk jangan percaya dengan
dosen-2 Ekonomi kalian yang bodoh-2 buanget begitu gumun dengan teori
neo klasik!

Akhirnya, saya harapan saya semoga kehancuran ekonomi Amrik semoga menjadi
kenyataan. Bangsa Amrik harus merasakan apa itu sakitnya penderitaan,
kesengsaraan, kepedihan biar mereka menjadi bangsa yang beradab, dan
menghentikan kebiasaannya yang biadab…

Salam,

Ferizal Ramli

PS: Beberapa kajian artikel saya yang beberapa tahun lalu menulis tentang kehancuran Amrik silahkan bisa di-searching pada Blog ini Catagories: Ekonomi-Politik
XXX

Salah satu tulisan lawas lewat setahun yang lalu ramalan kehancuran Amrik :— In forkom@yahoogroups.com, “Ferizal Ramli” <framliz@…> wrote: Jul 27, 2007 10:44 pm

Hancurnya Neo Kapitalis Amrik!

Tapi mari kita ngobrol warung kopi tentang kapitalis…
Mari kita awali dengan laporan Guardian 2 minggu yang lalu. 50 dari
sekitar 250 Universitas di Inggris dalam keadaan collaps, beberapa
diantaranya Universitas punya nama beken seperti Queen Mary –
University of London, Lancanter University, dll.

Padahal dari Inggris kita kenal baik apa itu Cambridge dan Oxford yang
begitu kaya raya. Mana ada Univ di Jerman ini yang bisa
mengimbanginya? Tapi mengapa negara sehebat Inggris dengan tradisi
intelektual begitu hebat, dan cuma punya sekitar 250 Univ, lha kok 50
nya collaps =))

Saya pikir jawabanya karena mereka menerapkan sistem kapitalis. Semua
pihak dipaksa berkompetisi untuk memenangkan kapital, dan dengan
kapital yang diperolah maka diinvestasikan ke kapital baru, lalu
meraih keuntungan kembali, lalu diinvestasikan lagi. Mereka yang gagal
meraih kapital, sayang sekali harus bernasib apes; gugur!

Secara ekonomis, sistem kompetisi itu sistem yang bagus. Tapi secara
sosial, sistem kompetisi hanya menghasilkan 1 atau 2 atau 10 pemenang
dan akan membunuh ribuan yang kalah lainnya.

Ternyata kita tidak bisa hidup dalam dunia yang kita sendiri menjadi
pemenangnya dengan resources berlimpah, sementara orang yang kalah
harus hidup tanpa resources.

Sekarang kita lihat rajanya kapitalis yang dibenci oleh banyak orang,
yaitu Amerika. Laporan the Economist bulan Juni 2006, “America Dream
and Inequality” sinis menulis: indeks gini (indeks pemerataan) Amerika
itu lebih mirip ke Brazil dari pada ke Jerman. Di Amrik memang ada
Bill Gate, tapi ratusan juta lainnya hidup tanpa jaminan kesehatan. Di
Amrik ada Harvard, tapi ribuan Universitas lainnya tidak terakreditasi.

Tentu saja kita juga ingat dengan ramalan kontroversial (tapi
menyenangkan hati saya) dari Emmanuel Todd, bahwa dinasti Amerika itu
tinggal tungu waktu saja untuk runtuh. Catatan 30 puluh-an tahun yang
lalu Todd sukses dengan gemilang meramalkan bahwa Uni Sovyet itu akan
hancur berkeping-keping.

Kajian mangerial kehancuran Amrik bisa diikuti dari tulisan Donald
Kalf, “Eropa Wirtschaft wird gewinnen”. Kalf memberi pencerahan bahwa
data-2 ekonomi Amrik itu buanyak palsunya. Bahasa Ekonominya; Amrik
senang sekali menggunakan variabel hedonis untuk pamer keberhasilan
eknominya.

Misal: kalau Eropa bicara angka produktivitas maka seluruh
produktivitas penduduknya diukur apakah dia bekerja di sektor
industri, atau Beamte (PNS) atau di sektor pertanian bahkan Arbeitlos
(Pengangguran) juga termasuk di dalamnya. Tapi kalau Amrik data
produktivitas berarti, produktivitas sektor industri doang yang
diukur. Dimana-2 juga rata-2 produktivitas pekerja industri pasti
lebih tinggi dari pada pekerja pertanian, PNS atau pengangguran.

Variabel Hedonis lainnya, kalau Eropa akan meletakkan pembelian
software sebagai cost. Tapi kalau Amrik meng-katagorikannya sebagai
investasi. Ini akan menyulap pertumbuhan ekonomi Amrik menjadi
cemerlang. Pokoknya terlalu buanyak deh variabel Hedonis Amrik. Sangat
panjang kalau ditulis satu-satu.

Selanjutnya, penguasaan minyak membuat biaya produksi Amrik amat
sangat murah. Selain itu tidak dibebankannya perusahaan Amrik untuk
melindungi lingkungan juga membuat biaya produksinya murah. Jangan
lupa perusahaan multinasional yang tercatat paling banyak
mengeksploitasi biaya buruh murah di negara berkembangan yah
perusahaan Amrik. Walmart, Nike, McDee adalah contoh-2 brutal para
pemenang Amrik yang selalu tercatat di Forbes menikmati kue
kemenangannya diatas bangkai buruh murah negara berkembang.

Selain itu Amrik itu terbiasa melakukan skandal. Terlalu banyak untuk
disebutkan. Eksekutif Jerman juga banyak yang terlibat skandal tapi
ada perbedaan dasar skandal yang terjadi. Kalau skandal eksekutif di
Jerman sifatnya pribadi dan „manusiawi”. Si Boss korupsi!

Tapi skandal di Amrik sifatnya mafia konspirasi. Berbagai institusi
bisa bersatu padu saling tolong menolong untuk menutupi skandalnya.
Enron adalah contoh tragisnya.

Saya sendiri bersepakat dengan Kalf, Todd bahwa kapitalis
itu bangunan yang keropos. Tapi saya ndak tahu kenapa yah ada beberapa
temen-2 kita yang begitu benci buanget dengan Amrik sampe gelem-2 nya
mau mati melawan Amrik =))

Amrik itu ndak usah diserang Mas. Sudah ikuti aja maunya. Ikuti aja
itu demokrasi. Buat Timur Tengah menerapkan demokrasi seperti
Indonesia. Percayalah, pasca demokrasi akan membuat rakyat Timur
Tengah sadar dan ndak sudi lagi membiarkan Amrik menguasai kekayaan
minyaknya. Dan itu sudah lebih dari cukup membuat ekonomi Amrik
memenuhi ramalan Todd dengan akselerisasi 🙂

Jadi, masihkah ada diantara sampeyan yang mau didoktrin untuk berani
mati untuk melawan Amrik? =))

Salam,
FR

Iklan

6 thoughts on “Hancurnya neo kapitalis Amrik!

  1. Saya suka gaya Bang Ferizal menuliskan ide2 nya : lugas, cerdas, jelas dan segar! Terus terang saya merasa ketagihan waktu membacanya! Makasih ya sudah memberi hiburan dalam bentuk ilmu dan wawasan.
    Tentang isi, banyak yang searah dengan pemahaman saya selama ini. Wah pengin nih bisa diskusi lagi. Gimana kalau kita bikin acara cafe lagi, Bang Ferizal yang ngisi lagi..he..he.. 😀

    Wassalam,
    SMY

  2. cukup bermanfaat tambahan info dan fakta tentang bobroknya kondisi perekonomian Amrik. tapi menurut saya perbedaan dan permasalahan itu tidak selesai dengan mencaci dan menjustice orang lain dengan bahasa-bahasa yang kurang santun apalagi bapak adalah educted person dan yang mengkonsumsi tulisan2 bapak juga educated person yang sepengetahuan saya educeted person itu cukup diberi infomasi dan fakta2 mereka cukup cerdas harus bersikap apa! karena karakter masyarakat global juga menjunjung tinggi sopan santun dan saling menghargai, sayangkan informasi dan fakta yang bisa jadi pembading ini tidak akan mempengaruhi pembacanya karena kurang tapat dalam etitude bahasa dan penyampaiannya. thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s