Belajar Otodidak dan Gratis Standard Software SAP


Ferizal Ramli(Tulisan ini pertama kali di-publish pada Thu, 28 Oct 2004 00:32:05 -0700)

Apabila ada yang tertarik untuk belajar SAP (Systeme Anwendungen und Produkte / Sistem Aplikasi dan Produk) maka mungkin tips ini bermanfaat.

Untuk pengantar saja, sebagaimana diketahui bersama, saat ini SAP adalah market leader untuk ERP (Enterprise Resources Planning) atau standard software perusahaan, jauh diatas pesaing kuatnya seperti Oracle, Peoplesoft, BAAN, JD Edward maupun Microsoft Business Solution.

Apabila anda ingin belajar teori SAP secara online maka silahkan search ke link IDES-SYstem sebagai Software Demo dan registrasi di website tersebut. Anda akan punya akses belajar SAP dengan software demo. Ini linknya:  http://www.ides.consolut.eu/sap/bc/gui/sap/its/zuser_req.

Selain itu untuk mendapatkan dokumen online tentang SAP maka ikuti pentunjuk ini:

help.sap.com (tanpa ketik www atau http atau lainnya).

Informasi disana amat sangat lengkap sekali. Untuk lebih mudah mendapatkan informasi

dalam pdf file ini Tips-nya:

Pilih: Additional Information –> Print Files –> English (atau German)

Kelemahannya, anda cuma bisa belajar teori. Untuk belajar praktek maka diperlukan program IDS Demo System. Sayangnya anda tidak bisa install perorangan karena lisensinya cukup mahal berharga puluhan bahkan ratusan ribu Euro dan ndak bisa di-crack ;). Biasanya kalau ada kampus yang berminat maka ada diskon untuk install itu.

Apabila anda ingin mendapatkan CD tentang SAP baik CD demo maupun CD berisiinformasi tentang SAP maka anda bisa pesan di website SAP secara on line shopping. Pada prinsipnya CD tersebut per keping ada yang berharga sampai 4.000 Euro-an. Tapi saya tahulah, kalau rekan-rekan (seperti juga saya) pasti tidak tertarik mengeluarkan kocek ribuan Euro untuk sekeping CD (lha wong gaji dosen level PT BHMN paling 200 Euro thok kok per bulan :D). Setelah saya amati ternyata ada CD yang berharga 0 (nol) Euro. Nah, karena itu anda bisa mensiasati untuk mendapatkan CD tersebut secara gratis. Berdasarkan pengamatan saya terdapat sekitar 40 buah CD dalam B. Inggris yang berharga 0 Euro dan (jika anda bisa B. Jerman) maka terdapat 35 CD gratis serta 5 CD dalam B. Jepang gratis.

Berikut ini sedikit pentunjuk pemesannannya:

http://www.sap.com/about/company/shop/index.epx

Jika SAP minta nama user dan password maka anda register dulu dengan cara create new profile anda. Setelah register kembali ke Website SAP Knowledge Shop.

Lalu pilih: SAP Knowledge Shop

Disisi kiri tertulis:

Overview
Books
General
Download products
Documentation
Marketing
Calendar 2009
SAP INFO
Training
SDN

Silahkan di-klik dan dicari CD yang berharga o Euro. Lalu diikuti prosedur pemesannya.

Kelemahannya: Ternyata ada 3-4 negara yang di-black list dalam pengiriman paket CD SAP tersebut. Sayangnya Indonesia termasuk negara yang di-black list bersama India, Cina dan Malaysia. Mungkin karena di Indonesia pembajakan software-nya juara kali, seperti juga selalu juara dalam setiap kali olimpiade korupsi versi International Transparancy :). Khusus untuk Yogya, konon khabarnya Yogya selangkah terdepan dalam kejahatan internet. “Bangga” juga prestasi Yogyaku lebih tingi dari Heidrabath atau Bombay :D. Akibatnya, kalau anda mau pesen CD tersebut maka terpaksa deh menggunakan alamat terimanya di luar Indonesia.

Tolong sebarkan infomasi ini kepada siapapun yang anda kenal. Siapa tahu berguna sehingga saya kecipratan pahala meskipun secuil. Dan kalau anda sempat sukses jadi konsultan SAP, yang nota bene berdasarkan pengalaman, selalu bergaji ribuan Euro atau ribuan US Dollar…

Salam,

Dari kesunyian musim gugur lembah Sungai Saar,

Ferizal Ramli

T-Systems
K-26, Finanzdienstleistungen und Banken Abteilung
T-Systems Nova GmbH
Entwicklungszentrum Süd-West
Hausadresse: Neugrabenweg 4, 66123 Saarbrücken
Postanschrift: Postfach 10 08 33, 66008 Saarbrücken
DEUTSCHLAND
Telefon: (06 81) 9 09-21 23
Mobil: (01 79) 70 85 87 7

Iklan

10 thoughts on “Belajar Otodidak dan Gratis Standard Software SAP

  1. walah, mas, apa gak bisa dishare via sharing online web kayak rapidsh*** ato MegaUpl*** , kan yang di Indonesia kan bisa menikmati juga….

  2. mas Uda Feri, kalau Sudan apakah termasuk black list? kalau tidak, mohon dikirim kD yang gratis….nanti ongkos kirim bisa saya ganti (sebelum kirim, harap beritahu no. rek sampeyan dan berapa harus saya ganti, mumpung saya masih bergaji usd, sebelum ditarik ke Indonesia lagi) :

    Hendarto Adi
    Buri – Garden City, House #164, Khartoum, Sudan

    trims banget

  3. Halo Pak Feri..

    Saat ini saya sedang install SAP Netweaver 7 di XP mode dan sudah 4 hari ini saya trial & error utk bisa masuk ke halaman logon tapi error terus2an.
    Sepertinya semua sudah saya lakukan sesuai instruksi di user manual dan searching2 di internet.
    – Application server sudah kondisi start ok
    – create NSP dgn application server localhost hasilnya error, lalu dicoba pakai LAN 2 (Network adapter sudah diinstal) dengan IP yang 10.10.0.10 dgn name server sesuai dengan computer name tapi tetap juga hasilnya error (jumlah karakter juga sudah kurang dari 13).

    Pesan error di SAP Consolenya : disp+work.exe –> running but message server unreachable.

    Mohon banutntuannya ya pak Feri,,,Tx

  4. Company besar di indonesia sudah banyak yang implement SAP, termasuk saya udah bergelut bersama SAP 10 Tahun….. berprofesi di SAP sungguh menjanjikan….

  5. wah link nya gak bisa di buka lagi mas ferizal, bisa di update lagi gak linknya, tks

    XXX

    Mas Rendy,

    Wah sayang sekali yah jika sudah tidak aktif lagi. Saya tidak bisa bantu lebih lanjut.

    Salam Tabik

    FR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s