About me


Ferizal Ramli4Ferizal Ramli saat ini berdomisili di München, Jerman berprofesi sebagai Unternehmensberater/ Corporate Consultant for Management, System Integration and SAP Standard Software pada Cirquent GmbH. Ferizal bertugas di SBU (Strategic Business Unit) FTU-Financial Transformation Unit, Department of FCS-Finance Competence Service.

(Cirquent GmbH – Credibel Consulting is a company of NTT Data and BMW, no: 7 as top 25 IT Consulting and System Integration in Germany: http://www.luenendonk.de/it_beratung.php)

Kompetensi utama Ferizal adalah Accounting Concepts: US GAAP, IFRS dan HGB; Business Process Design with ARIS and Profoma Toolset; SAP Financial Moduls: FI-Accounting, CO-Controlling, TR-Treasury, IM-Investment Management, EC-Enterprise Controlling; Enterprise Performance Management; Strategic Enterprise Management; Business Intelligent Warehouse as well as Project System.

Ferizal Ramli lahir di Jakarta, dari Ayah Ramli Zulkifli dan Ibu Rosnani Amazy. Dibesarkan dalam tradisi keluarga Islam Minangkabau yang kuat; fundamental dalam berprinsip, moderat dalam bersikap dan liberal dalam berpikir. Menghabiskan seluruh masa kanak-kanaknya hingga pasca remaja di Banten. Hingga saat ini setia mengidentifikasikan diri sebagai “Wong Banten”.

Ferizal Ramli menyelesaikan Pesantren Sarjananya di Padepokan UPN “Veteran” Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada. Di Yogyakarta lah kota yang paling berkesan mendalam dengan berbagai cita rasa, Ferizal bertemu Nanik Dwi Haryani yang menjadi pendamping hidupnya. Saat ini Ferizal dikarunia dua orang putri Nawwara Zahra Ferizal dan Naura Zhafira Ferizal.

Setelah menyelesaikan sarjana, nyantri lanjutannya dilakukan di Jerman pada Hochschule Furtwangen dan Universität Hamburg. Di kedua universitas tersebutlah Ferizal mempelajari secara mendalam Standard Software SAP.

Tercatat Ferizal Ramli pernah “merumput” pada berbagai institusi baik di Universitas maupun Multinasional Coporation. Sebagai Dosen, Instruktur/Trainer atau Peneliti, Ferizal pernah bersentuhan dengan Hochschule Furtwangen, FE UGM, STIMIK Amikom, STIE YKP, AMA Yogyakarta dan Abhiseka College.

Sebagai praktisi pernah bergabung di Mitsubishi Heavy Industries, Ltd., T-Systems International GmbH, Otto Versandt GmbH & Co. KG., Acent AG dan saat ini di Cirquent GmbH a company of NTT Data and BMW Group. Selain itu pernah menjadi Kontributor Internasional pada harian Jurnal Nasional.

Saat nyatri kuliah di Yogya dulu, Ferizal tercatat pernah menjadi Ketua/Pimpinan Senat Mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan Ketua Umum Koperasi Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta.

München, 01.01 2009

Dari tepian Lembah Sungai Isar

17 komentar di “About me

  1. Assalamualaikum Wr Wb,

    mas Ferizal, saya tertarik dengan bahasa tulisan anda yang menunjukkan bahwa anda punya bakat menulis, mudah2an anda dapat menjadi penulis handal yang mengajak manusia bertambah yakin kepada Allah dan RasulNya, serta kebenaran agama Islam.
    Saya ada bahan menarik, tetapi saya tidak pandai menulis, mungkin dapat menjadi bahan/masukkan dalam tulisan anda di suatu saat nanti.
    Temanya adalah diaspora bangsa Melayu. Intinya adalah banyak bangsa di dunia sudah tersebar di mana2 sejak ratusan tahun yang lalu. Mulai dari bangsa China, Persia, Arab, Bani Israel, Turki, Eropa dan Afrika. Sehingga mereka telah mewarnai kultur dunia ini dengan berbagai ciri2 dan khas mereka masing2. Diantara sebabnya adalah mereka semua pernah menjadi Empire.
    Sedangkan bangsa melayu yang sudah menyebar, hampir-hampir tidak terasa membawa kultur khas yang mewarnai masyarakat.
    Saya rasa ke-khas-an bangsa melayu sangat kental dengan agama Islam, yang lemah lembut dan berkasih sayang. Mampukah kita bangsa melayu mewarnai masyarakat dimana kita tinggal? atau ciri2 dan ke-khas-an bangsa melayu ini justru hilang tenggelam ?
    Sekarang adalah giliran bangsa Melayu melalui Islam akan mewarnai dunia ini dengan keadilan dan kasih sayang..

    Salam hangat,

    Gery
    dari tepi sungai Weser (ikut gaya anda menulis)

  2. Selamat, mas Ferizal.
    Berhasil juga akhirnya ngumpulin tulisan-tulisan Sampeyan yang selalu gayeng….. Selamat Tahun Baru 2009 dan tetap sukses berkarya.

    Salam,
    Yusuf
    dari lembah Kali Mambu (melu-melu, ah…)

  3. Buat Mas Gerry,
    Saya pikir itu jelas kajian yang amat menarik. Pasti banyak sudut pandang baru dari data tsb. Monggo kirimkan datanya ke saya dan terima kasih untuk itu.

    Buat Mas Tri,
    Saya tunggu kehadirannya di München

    Buat Pak Yusuf,
    Matur nuwun sanget

  4. Abang ferry, keep on moving…..:p salam bwat Mbak nanik juga zahra yaaaaa, dari tante winne the cute di berlin…:p

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Hallo Adik Winnie,
    Iya sudah aku sampaikan. Nanik mengucapkan salam kembali. Sayang yah kita telah berjauhan, begitu kata Nanik.
    Okay, dik Winnie selamat berkarya dan semoga sukses dengan study-nya.

    Salam hangat dari München,
    Ferizal Ramli
    Ex Berliner

  5. Great blog dengan great contens, Zal. Bravo.

    Kalo ada waktu, mampir juga ke blog Strategi yang keren di http://strategimanajemen.net (yang hingga saat ini telah mendapat 2,200 jumlah pelanggan)

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Mas Yodhia, saya sudah lihat blog sampeyan. Ausgezeichnet! Excellent! Luar biasa saya banyak belajar dari sana. Mungkin dalam waktu dekat saya akan memberi beberapa tanggapan atas isu-2 menarik yang Mas Yodhia tulis.

    Salam hangat,
    FR

  6. Salam kenal, meski saya selalu mengikuti tulisan anda lewat milis UPN, tapi baru saat ini memperkenalkan diri lewat blog anda. Semoga tambah sukses dan salam dari Cilandak.

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Salam kenal juga Mas Handayana,
    Terima kasih atas dukungannya dan ucapan selamat berkarya dan semoga tambah sukses buat anda saya haturkan juga.

    Salam hangat,
    FR

  7. sip bos..blog e oke,tulisan2 antum di milis ‘pon pes ‘ kita mbok yao di ulas disini…

    salam dari saya,sesama alumni ponpes tapi beda jurusan

    riza
    http://rizaradyanto.wordpress.com

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Terima kasih Mas Riza,
    Ya, Insya Allah pelan-2 akan semakin di upgrade sehingga tulisan-2 interaktif bisa ditampilkan di Blog ini. Salam hangat sesama mantan santri dari pospes yang sama..

    Sayapun akan tengok Blog Mas Riza secepatnya…

    Salam hangat,
    FR

  8. Selamat bung ferizal, saya termasuk salah satu fans dengan gaya tulisan anda. Nah, dengan adanya blog ini maka tulisan bung ferizal yang “terserak” di berbagai tempat bisa dikumpulkan. Selamat, semoga blognya semakin banyak yang datang berkunjung. Salam dari Menara Radius Prawiro di Jl. Thamrin.

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:
    Bung Yan Yth,
    Semoga harapan saya, kita ini bisa bersilahturahmi dan saling berbagi informasi…
    Salam hangat dari Tepian Lembah Sungai Isar di saat Musim Salju

    Salam Hangat,
    FR

  9. Selamat buat mas Ferizal Ramli.
    Terus terang saya sebagai sesama alumni ponpes UPN sangat bangga dan senang atas reputasi dan prestasi yang telah anda lakukan dan capai. Semoga keberhasilan dan perjuangan anda dapat dijadikan motivasi bagi teman2 yang lain. Selamat berjuang terus. Salam, Iman Rohendi (DESDM-JKT)

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Terima kasih Mas Iman,
    Dan karena sesama alumni Pompes maka ini bisa jadi ajang kita bertemu bersama. Semoga kita akan semakin dekat dalam persahabatan…

    Salam hangat
    FR

  10. Ungkapan “fundamental dalam berprinsip, moderat dalam bersikap dan liberal dalam berpikir” sangat mengesankan.

    Salam kenal.

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Salam kenal juga buat sampiyan Mas Shodiq.
    Itu ungkapan saya perlajari dari Ibu saya. Ketika beliau begitu ketat menekankan pentingnya agama dan ibadah, tetapi beliau begitu tolerance pada orang lain yang kepercayaannya berbeda, dan beliau mengajarkan pada saya agar boleh memikir apapun dan membaca apapun yang bisa memberi manfaat. Itu yang diajarkan Ibu saya dari saya baru mulai bisa bicara…

    Salam hangat,
    FR

  11. Bro, rupanya lahir kita sama (beda tahun) dan nama Bapakpun sama. Yang membedakan kita cuma jumlah anak….ane udah 3…ente segera menjadi 2, Insya Allah. Semoga aja kemampuanmu menulis bertambah sehingga bisa menambah manfaat bagi semua. Ane juga lg belajar, .emashitam-sangharapan.blogspot.com. tapi, kalo dikasih nilai masih D……

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    My old fellow Boss Assifa,
    Adalah kehormatan sampiyan bertamu di tempat saya. Saya akan berbalas tamu ke sampiyan secepatnya…

  12. akhirnya pejuang satu ini nulis blog hehehe. walau gaya tulisan kita beda aliran, tapi aku sangat salut dengan cakupan wawasan dalam isi tulisan yang selalu referensinya dunia.
    kalo tulisanku khan cukup jadi seorang pelamun yang bermimpi menjelajah hati, berhubung menjelajah alam ini “jer basuki mawa bea” hehehe….

    selamat bos!

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Mas Kund,
    Maturnuwun sangat untuk kunjungannya. Tulisan yang paling susah adalah proses perenungan hati. “Literatur”-nya adalah nurani dan kebijaksanaan. Untuk menulis dengan menjelajahi hati kayaknya saya masih perlu belajar banyak dari sampiyan…

  13. ngintip ah…secara penasaran sama no.1 blog in the world gt loch…and…emang oks punya..
    bravo uda Feri..keep on writing!!!

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Terimakasih untuk dukungannya. Saya akan terus berusaha menulis dan terus belajar untuk memahami sesuatu yang baru.

    Salam kenal untuk Jeng Tatik dan selamat berkarya selalu…
    Ferizal

  14. Bang,
    Selamat yha! Na, begitulah, ide harus disebarkan sekaligus diamalkan. Tulisannya sangat bagus dan bernas. Jangan lupa sekali-2 mengulas perkembangan ekonomi kita dan …investasi. Kami yang “awam” biar tambah ilmu. Oyha, tolong, pesan saya kemarin, dicarikan dermawan (kalau tidak sibuk lho) untuk para penyandang tunadaksa, supaya mereka dapat mandiri. Tentunya foto-2 sudah diterima.
    Salam hangat,
    s.h.,
    geologist antar kota antar provinsi dan antar basin

    XXX
    Pak Sugeng inkang minulya…

    Iya Pak Sugeng saya pasti akan ingat pesan Bapak agar ide atau informasi perlu di-sharingkan. Saya pasti akan menulis lagi tentang ekonomi begitu ada mood dan waktu yang tepat.
    Tentang proposal kerja sama, saya akan mendiskusikan dengan temen-2 setelah semua kembali on board dari liburan…

    Salam hangat,
    Ferizal

  15. Assalamu’alaikum,
    Salam kenal

    Seperti yang lainnya, ucapan selamat atas kumpulan tulisan dalam blog bang Ferizal. Saya juga sering ngintip atau nunut cari ilmu di milis ugm dan saya kagum dengan tulisan2 bang Feri yang nasionalis dan islami. Kiranya bang Feri dan kawan yang lain wawasannya sudah sangat luas dan mendunia, minimal taraf nasional lah. Sedangkan kami yang terkungkung di tepi muara sungai bengawan solo ini sehari2nya hanya melamun dan termenung terus.

    Terima kasih kami diberi wacana untuk belajar gratisan, mendapat pencerahan, setidaknya kami dapat info yang baik dg analisa2 yang profesional. semoga kami juga dapat sedikit melangkah dalam meningkatkan diri sendiri atau dalam tingkat lokal.

    Semoga blog ini dapat menjadi penghubung antara muara bengawan solo (yang semakin dangkal dan tercemar) dengan sungai Isar (yang sepertinya sangat indah…)

    Kami berani mengirimkan tulisan ini karena ingin mengucapkan terima kasih…..
    Semoga kami masih bisa terus belajar.
    Wassalam,

    XXX
    TANGGAPAN SAYA:

    Terima kasih kembali…
    Benar tulisan itu melewati batas ruang dan waktu. Dia bisa menghubungkan antara Bengawan Solo dengan Isar dalam bentuk hikmah dari berbagi ide, ilmu dan informasi. Tentu saja saya pribadi dengan senang hati akan menikmati jika Mas Dayat juga mencoretkan greget idenya dalam bentuk tulisan juga. Tolong pastikan saya tahu jika suatu saat atau malah saat ini, Mas Dayat telah menuliskan sesuatu di blog-nya…

    Salam hangat,
    FR

Tinggalkan komentar