Uni Eropa Sebuah Kekuatan dari Kolaborasi

2 Jan

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di akhir 2006 pada Harian Jurnal Nasional)

Ferizal Ramli4Kala itu di Eropa memiliki banyak industri pesawat terbang yang saling berdiri sendiri. Jerman punya Bölkow, Dornier, Flugzeug-Union Süd, HFB, MBB dan TG Siebelwerke. Perancis memiliki Sud-Aviation, Spanyol dengan CASA serta Inggris dengan BAE System-nya. Banyak, tapi semuanya tidak berdaya ketika harus berhadapan dengan raksasa industri pesawat Amerika: Boeing. Tahun 2001 “perusahaan-perusahaan kecil” pesawat Eropa diputuskan untuk bergabung menjadi satu wadah dalam Airbus Incorporation. Tahun 2003 untuk pertama kalinya, setelah 33 tahun selalu menjadi pecundang, Airbus berhasil meng-KO Boeing. Sampai saat ini Airbus masih mampu mempertahankan keunggulannya dalam omset penjual pesawat jet berpenumpang sipil. Ini menjadi momentum kesuksesan kolaborasi perusahaan Eropa.

Semenjak Eropa semakin terintegrasi ke dalam UE maka telah merubah posisinya menjadi pesaing terkuat Amerika.

Tabel: Prosentase Perbandingan Posisi Ekonomi Eksternal (2002)

Indikator

Jepang

Amerika

Uni Eropa

Share perdagangan dunia dalam barang

7,6

19,7

19,1

Share perdagangan dunia dalam jasa

7,7

20,2

24,3

Share dalam investasi

3,0

29,1

32,2

Share dalam GDP

7,3

21,3

19,8

Tingkat Keterbukaan*

17,1

16,6

19,9

*Catatan: (Ekspor + Impor)/GDP

Sumber: European Commission DG Trade

Table: Volume Perdagangan Bursa Saham Dunia (2005)

Bursa Saham

Volume Perdagangan

(Miliar Euro)

New York

10.729

Tokyo

2.850

London

2.284

Euronext, Frankfurt, Madrid, Milan, OMX, Athens, Vienna, Dublin, Luxemburg, Budapest, Prague (tidak termasuk London)

5.173*

* Gabungan Perhitungan volume perdagangan bursa saham anggota UE

Sumber: OECD dan IMF

Disektor perdagangan posisi UE dan AS saling berimbang. Hanya saja di sektor keuangan khususnya bursa saham posisi Amerika tetap lebih baik dari UE. Selain itu peran mata uang US Dollar sampai saat ini belum bisa diimbangi oleh Euro. Meskipun terdapat kecenderungan bahwa Euro punya trend menguat, tetapi mata uang dollar tetap sebagai pemain yang dominan.

Yang menjadi catatan penting keunggulan UE dari Amerika adalah rendahnya tingkat inequality di Eropa. Gap kesetaraan antara golongan kaya dengan penduduk miskin cukup rendah. Artinya, pemerataan dan distribusi pendapatan pada masyarakat Eropa lebih baik. Kesejahteraan masyarakat Eropa lebih merata dari Amerika. Jika koefisien indeks Gini (distribusi pemerataan pendapatan) keduanya diperbandingkan maka koofisien Gini UE relatif rendah yang artinya kesenjangan sosialnya juga rendah.

Pemerataan kesejahteraan ini wajar terjadi mengingat negara-negara di Eropa pemerintahnya menerapkan sistem ekonomi solidaritas. Di Jerman misalkan dikenal konsep pasar ekonomi sosial. Negara menjamin kebutuhan hidup dasar bagi penduduknya. Di berbagai negara Eropa akses untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan dan perumahan relatif gratis bagi masyarakatnya.

Tabel: Perbandingan Indeks Gini 1985 dan 1995

Negara

1985

1995

Sebelum Pajak

Setelah Pajak

Sebelum Pajak

Setelah Pajak

UE

0,381

0,279

0,408

0,294

AS

0,415

0,337

0,421

0,342

Sumber: Morrison and Murtin (2004)

Tapi bukan berarti Eropa tidak punya masalah di masa depan. Sistem perekonomian Eropa seperti Jerman, yang berorientasi pasar ekonomi sosial punya persoalan bom waktu yang siap meledak paling tidak dalam 25 tahun mendatang. Perekonomian solidaritas ini mendapat tantangan besar ketika struktur sosial masyarakat berubah. Perubahan tatanan nilai hidup masyarakat Eropa menjadikan bayi yang lahir semakin berkurang. Generasi penerus turun drastis. Laporan der Spiegel (4/2005), 25 tahun dari saat ini penduduk Jerman akan berkurang sekitar 18 juta, dan 45 tahun lagi akan berkurang sebesar 30 juta. Konsekuensinya, demografi penduduk Jerman maupun Eropa pada umumnya jomplang. Jumlah orang tua renta lebih banyak dari orang yang berusia produktif. Negara terbebani untuk menghidupi penduduk tidak produktif. Sistem perekonomian kompetitif seperti apa yang bisa diharapkan dengan masyarakat yang tua renta?

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 129 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: